Kenalkan Bintang NBA di Opening East Java

19-Jul-2009

Kevin-Martin01

Top Scorer Kings Masih Dijadwalkan Hadir di Surabaya

SURABAYA – Siapa bintang NBA yang bakal hadir lagi di Surabaya, kemarin (18/7) diungkapkan identitasnya di Opening Party Honda DetEksi Basketball League (DBL) East Java 2009. Pengumuman disampaikan di sela-sela pertandingan kompetisi basket pelajar terbesar itu, di DBL Arena Surabaya.

Kevin Martin, top scorer Sacramento Kings, dijadwalkan tampil di Surabaya pada 15-18 Agustus mendatang. Pada hari pertama, dia akan menghadiri final Honda DBL seri Jawa Timur. Kemudian, dia tampil di Indonesia Development Camp 2009, memberi materi latihan kepada pemain-pemain terbaik DBL dari berbagai penjuru Indonesia.

Pemain 26 tahun itu tidak sendirian. Dia didampingi dua asisten pelatih NBA, yaitu Neal Meyer (Los Angeles Clippers) dan Joe Prunty (Portland Trail Blazers).

Menurut Azrul Ananda, commissioner DBL, pengumuman resmi seharusnya sudah dirilis NBA. Namun, karena aksi pengeboman di Jakarta Jumat lalu (17/7), pengumuman resmi ditunda dulu selama beberapa hari.

“Kami semua ikut merasa sedih dengan aksi yang terjadi di Jakarta. Kami, mewakili lebih dari 20 ribu peserta Honda DBL 2009 di berbagai penjuru Indonesia, berharap kejadian itu tidak mempengaruhi program yang sudah lama kami rancang bersama NBA,” papar Azrul.

Kunjungan Kevin Martin ini merupakan lanjutan kerja sama jangka panjang antara NBA dan DBL. Pada Agustus 2008 lalu, DBL menyelenggarakan even resmi pertama NBA di Indonesia, yaitu NBA Basketball Clinic yang dibintangi Danny Granger (Indiana Pacers). Ketika itu, Granger melatih pemain-pemain pilihan DBL di Surabaya.

Pada Juni 2009 lalu, DBL juga telah sukses menyelenggarakan NBA Madness pertama di Indonesia. Even basketball lifestyle interaktif itu telah mengunjungi empat mal di Surabaya. Bintang New York Knicks, David Lee, tampil sebagai bintang utama. Didukung oleh Grizz, maskot Memphis Grizzlies, dan Miami Heat Dancers.

Kehadiran Kevin Martin merupakan kelanjutan langsung dari kunjungan Danny Granger. Indonesia Development Camp merupakan even pembinaan basket yang intensif. Selama tiga hari, sebanyak 161 student athlete (80 putra, 81 putri) dari 15 provinsi di Indonesia mendapat kesempatan belajar langsung dari NBA.

“Kehadiran Kevin Martin sudah sangat ditunggu-tunggu. Sejauh ini, semua masih berlangsung sesuai jadwal. Kami terus melakukan komunikasi dengan NBA. Kita harus bersikap optimistis dalam situasi seperti ini. Pihak NBA pun telah menyampaikan sikap optimistis,” papar Azrul.

Pembukaan Fantastis

Pembukaan Honda DBL East Java 2009 kemarin kembali menunjukkan bahwa kompetisi ini merupakan trendsetterpenyelenggaraan basket di Indonesia. Meski bukan tontonan gratis, hampir 6.000 penonton bergantian memadati tribun DBL Arena, yang berkapasitas 4.400 penonton.

Di antara para pengunjung, ada dua tamu istimewa dari Darwin Basketball Association, Australia. Mereka adalah Don Sheppard (development manager) dan Allan Hilzinger (executive officer).

Mereka mulai mengenal kompetisi ini melalui situs resmi DBL, www.deteksibasketball.com, atas rekomendasi kalangan basket Western Australia. Tahun lalu, DBL memang sempat mengirimkan tim All-Star untuk bertanding di Perth. Dalam pembukaan kemarin, rasa penasaran mereka terjawab.

Apalagi, pertandingan pertama kemarin sangat dramatis, tim putra SMA Ta’miriyah Surabaya hanya menang satu angka, 38-37, atas SMA Untung Suropati Sidoarjo.

“DBL jauh lebih besar daripada kompetisi pelajar yang kami punya di Australia. Saya benar-benar menikmati penonton yang heboh. Konsep DBL luar biasa, dapat menyatukan seluruh komponen. Mulai sekolah, pemain, penonton, semuanya. Saya ikut tegang melihat pertandingan tadi,” aku Sheppard.

Saking senangnya, Sheppard berencana kembali lagi Agustus mendatang, melihat babak final dan Indonesia Development Camp 2009 yang diselenggarakan NBA dan DBL. “Saya akan mengajak anak-anak saya. Mereka sudah tak sabar untuk datang,” ucapnya.

Kalau Hilzinger mengaku melihat masa depan basket yang cerah di Indonesia. “Saya terkejut melihat banyak sekali manusia di DBL. Mereka sangat antusias. Saya yakin, lima sampai sepuluh tahun lagi, basket di Indonesia bakal lebih kuat dan besar karena DBL,” tuturnya.

Hilzinger mengaku pernah enam tahun melatih basket di Jepang. “Namun, di sana pun tak ada yang seheboh ini. (DBL) ini jauh, jauh lebih baik dari semua kompetisi pelajar yang pernah saya lihat,” pungkasnya.

Honda DBL East Java 2009 ini terbagi dalam dua wilayah. North, bermain di Surabaya, berlangsung sampai 12 Agustus mendatang. South, bermain di Malang, berlangsung 25 Juli sampai 11 Agustus. Juara kedua wilayah bertemu di Final East Java, 15 Agustus, yang rencananya dihadiri oleh Kevin Martin. (azz)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s