Mengunjungi Pusat Grosir tanpa Ujung di Yiwu, Tiongkok (3-Habis)

Selasa, 23 Okt 2007,
Seratus Kelereng Rp 1.000, Tak Tega Tanya Harga Karet Gelang
Barang-barang di Yiwu bukan hanya barang sehari-hari. Barang-barang untuk dikoleksi juga diproduksi dan dijual secara grosir. Misalnya, perisai Inggris dan miniatur David Beckham. Berikut catatan AZRUL ANANDA, wartawan Jawa Pos yang baru kembali dari Tiongkok.
————-

Harga barang di pusat-pusat perbelanjaan “standar” Tiongkok sudah bisa membuat kita geleng-geleng kepala. Bagi yang berdagang, harga “standar” sudah cukup untuk memberi untung besar ketika dijual lagi di Indonesia.

Kalau melihat harga di The China Yiwu International Trade City, kita mungkin bakal geleng-geleng sampai kepala berputar 360 derajat.

Saya dan rekan-rekan dari DetEksi Jawa Pos sempat mengunjungi beberapa toko cukup lama, tanya-tanya harga. Tapi, mungkin karena masih muda-muda (dan saya merasa masih muda), yang kami kunjungi toko-toko yang memang membuat kami tertarik.

Jadi maaf, kami tidak mendapatkan quotation untuk harga panci, piring, kompor, dan harga-harga barang kebutuhan yang sekarang banyak didatangkan dari Tiongkok.

Toko pertama yang kami masuki, terus terang, adalah toko kelereng. Ya, di Trade City itu ada beberapa toko kelereng, bukan hanya satu. Berapa harga yang ditawarkan?

Di Indonesia, sebuah kelereng biasa ukuran kecil mungkin dijual Rp 100 per buah. Di Yiwu? Satu kantong isi seratus biji hanya 84 sen, tak sampai 1 yuan. Berarti, seratus biji kelereng hanya sekitar Rp 1.000.

Kami juga mengunjungi toko yang menyediakan berbagai merchandise olahraga. Mereka menjual gantungan kunci, syal, handband, handuk, bantal, boneka, dan berbagai barang berlambang tim-tim sepak bola internasional. Termasuk di antaranya miniatur pemain-pemain top seperti David Beckham.

Salah satu produk yang paling kami minati ya miniatur Beckham itu. Tingginya sekitar 15 cm, dengan ukuran kepala lebih besar dari badan. Kepalanya bisa goyang-goyang (bobbing head).

Kalau di Indonesia atau di toko-toko resmi, miniatur itu dijual di atas Rp 100 ribu. Bahkan mungkin sampai Rp 200 ribu. Tahu berapa harganya kalau pesan di sana? Hanya 6,8 yuan atau Rp 9.100. Mau pesan boneka bentuk diri sendiri atau tokoh karangan sendiri juga bisa. Syaratnya, harus pesan minimal 5.000 buah.

Ada pula Fa Zhan Craft Gift Shop. Toko tersebut menjual barang-barang novelty. Yaitu, barang-barang unik yang dijual untuk dikoleksi. Contohnya, aneka ragam replika perisai Inggris. Miniatur tokoh film Predator dan Transformer dari besi-besian, replika full size helm dan baju besi Inggris, dan sebagainya.

Barang-barang tersebut biasanya dijual di negara-negara Barat, di berbagai gift shop. Karena memang bukan barang masal, kita tak perlu beli dalam jumlah ratusan. Bahkan, boleh beli hanya satu set saja. Perisai Inggris yang cantik dipajang di dinding rumah, harganya cukup mahal, mencapai 2.800 yuan atau Rp 3,5 juta. Kalau dijual di Amerika, misalnya, saya yakin mencapai lebih dari Rp 10 juta per set. Ingin memajang replika baju besi Inggris? Harganya 7.500 yuan atau Rp 9,375 juta. Lumayan sangar, tingginya sampai 2 meter.

Ada satu tempat yang saya menyesal tidak tanya harga. Yaitu, toko yang khusus menjual karet gelang. Bukan karet gelang modis, tapi karet gelang seperti yang biasa dipakai untuk membungkus nasi di warung. Begitu tahu ada toko yang khusus berjualan itu saja sudah cukup membuat saya lemas, tak tega bertanya.

Soal barang-barang unik, banyak berada di bangunan pertama, atau bangunan lama Trade City. Blok A sampai E itu terkesan lebih sederhana. Kalau di Surabaya, seperti masuk Pasar Turi. Tentu saja dengan jalan-jalan yang lebih lebar, suasana yang lebih bersih.

Blok A sampai E itu berisi berbagai macam aksesori. Mulai untuk rambut, pakaian, dan lain-lain. Kancing, ritsluiting, pita rambut, atau jepit rambut, semua ada di sana.

Kumpulan blok tersebut mungkin juga merupakan toko mainan terbesar di dunia. Ada blok khusus mainan elektronik, ada blok khusus boneka, mainan plastik, dan lain-lain.

Di dalamnya, ada sejumlah toko yang menjual khusus berbagai bentuk Sinterklas. Ada yang ukuran manusia normal dan bisa bergoyang, boneka-boneka kecil. Ada pula toko yang menjual khusus topeng seram untuk kebutuhan Halloween.

Kalau bawa anak kecil ke Blok A Trade City, hati-hati. Ada begitu banyak toko mainan di situ, anak Anda mungkin terus merengek tak mau pulang selama sebulan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s