Plan A Kuliah, Plan B Basket

21-Jul-2008

DannyGranger7

Danny Granger; Bintang Indiana Pacers yang Akan ke Indonesia (1)

Danny Granger bakal tampil dalam even resmi NBA pertama di Indonesia, 23-24 Agustus mendatang di Surabaya. Orang pun penasaran, siapa dia sebenarnya dan bagaimana perjalanan karirnya.

INDIANA Pacers mencomot Danny Granger di urutan 17, NBA Draft 2005. Ketika itu, tidak banyak yang membicarakan pemain asal University of New Mexico tersebut. Hanya, Larry Bird (manajer Pacers) punya keyakinan bahwa anak muda yang satu ini bakal bersinar.

Apalagi, Pacers tahu, Granger adalah sosok anak yang baik, yang dibesarkan oleh keluarga yang baik pula. Bagi Pacers, itu luar biasa penting, karena ketika itu mereka sedang berkutat dengan barisan pemain yang doyan berulah. Baik di dalam maupun di luar lapangan. Mulai Ron Artest, Stephen Jackson, dan beberapa lainnya.

Berbeda dari kebanyakan bintang muda NBA, Granger ’’tidak buru-buru’’ jadi pemain profesional. Dia kuliah penuh empat tahun. Pertama di Bradley University, lalu transfer ke New Mexico. Jurusannya pun tidak main-main, Teknik Sipil.

Sejak kecil, Granger mengaku selalu ingin jadi engineer. Saudara perempuannya juga begitu, belajar untuk menjadicomputer engineer. Apalagi, dia merasa bakat di mata pelajaran matematika dan sains. ’’Saya selalu ingin jadi civil engineer. Itu cita-cita saya. Sampai sekarang saya masih berminat ke sana,’’ katanya lewat situs resmi Pacers.

Granger mengungkapkan, meski tingginya sudah mencapai 201 cm saat masih SMA, kuliah masih jadi target utama. Kuliah adalah Plan A, basket adalah Plan B. Bagi Granger, basket adalah alat untuk masuk kuliah (dapat beasiswa) dan meraih gelar sarjana.

’’Kalau mau realistis, masuk NBA adalah target yang sangat sulit. Kalau kita melihat angkanya, secara persentase, tidak banyak orang yang mampu melakukannya. Butuh kerja keras dan determinasi tinggi. (Dengan kuliah), kita masih bisa meraih sukses sambil mengejar target tersebut,’’ ungkapnya.

Begitu masuk NBA, Granger tidak mengecewakan. Sejak musim pertama, performanya terus meningkat. Musim 2007-2008 lalu adalah musim terbaiknya. Granger tampil dalam 80 di antara 82 pertandingan, menjadi pemain paling konsisten di barisan Pacers. Dia mencetak rata-rata 19,6 poin, tertinggi di tim.

Tujuh kali Granger mencetak lebih dari 30 poin. Termasuk pada tiga dari empat pertandingan terakhir 2007-2008. Tembakan tiga angkanya maut, dengan akurasi di atas 40 persen.

Gaya bertahannya pun keren, seperti bintang Chicago Bulls Scottie Pippen dulu (nomor 33 Granger terinspirasi dari Pippen). Kalau sempat buka-buka video di YouTube, ada adegan di mana Granger mencuri bola dari gerakan cepat Vince Carter!

Menghadapi musim 2008-2009 nanti, Granger pun mendapat beban makin berat. Pacers telah ’’membuang’’ wajah-wajah senior seperti Jermaine O’Neal, resmi menjadikannya sebagai andalan utama tim. Granger, bersama point guardT.J. Ford dan forward Mike Dunleavy, akan mencoba mengembalikan Pacers ke barisan playoff.

Granger paham betul beban itu. Dalam menghadapi musim baru nanti, dia mempersiapkan diri lebih baik. Menjadi seorang assassin yang tak bisa dihentikan lawan, sekaligus menjadi alat pengunci senjata utama lawan.

’’Target saya menjadi seperti Kobe (Bryant). Dia bisa mencetak poin sekaligus mematikan lawan saat bertahan. Itu target utama saya,’’ ucapnya sebagaimana dilansir Indianapolis Star.

Selain meningkatkan kemampuan defenseskill lain yang dikejar Granger sekarang adalah kemampuan dribble untuk menciptakan peluang poin bagi diri sendiri. Dia harus makin lengket dengan bola, sehingga punya senjata makin lengkap di lapangan.

Kalau mampu meningkatkan kemampuan itu, kata pelatih Pacers Jim O’Brien, Granger bakal menjadi seorang All-Star.

’’Saya pikir Danny akan menjadi seorang All-Star bila dia menjadi pemain yang komplet. Yaitu, orang yang bisa menjadi pemain terbaik kami dalam bertahan, dan lawan tahu bahwa dia adalah pemain terbaik kami dalam bertahan. Seorang pemain yang benar-benar bisa mematikan pemain terbaik lawan,’’ paparnya. (azz/dat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s