Ingin Tinggalkan Musim Buruk 2012

20 Januari 2013 – 05.56 WIB 
Laporan AZRUL ANANDA, Benidorm

SALAH satu tim paling mengecewakan musim lalu mencoba untuk kembali ke puncak di ajang cycling dunia 2013. RadioShack-Leopard-Trek Kamis lalu (17/1) meluncurkan susunan tim sekaligus corak jersey terbarunya.

Tahun lalu, RadioShack-Nissan-Trek meluncurkan tim secara besar-besaran. Menegaskan diri sebagai salah satu superteam di arena cycling, hasil merger skuad RadioShack dan Leopard-Trek.Kenyataannya, tim ini justru termasuk yang paling mengecewakan. Andalan mereka merebut yellow jersey, Andy Schleck, tak mampu tampil memuaskan dan justru dilanda cedera. Kakaknya, Frank Schleck, tersandung kasus doping di Tour de France. Bintang tim di arena classics (one-day race), Fabian Cancellara, juga cedera.Bukan hanya itu. Bos tim kala itu, Johan Bruyneel, harus dikeluarkan setelah dikenai sanksi skorsing seumur hidup, atas peran sertanya dalam kasus doping Lance Armstrong. Bruyneel adalah manajer tim yang mendampingi Armstrong ketika merajai Tour de France dulu.Suasana di dalam tim juga tidak terlalu harmonis. Berbuntut keluarnya beberapa pembalap. Yang paling parah, beberapa sponsor mengundurkan diri. Termasuk Nissan, salah satu title partner. Untuk 2013, tim pun berubah nama jadi RadioShack-Leopard-Trek.Kamis lalu (17/1), tim ini launching secara jauh lebih sederhana di Benidorm, Spanyol. Tidak ada lagi panggung mewah, hanya acara foto dan wawancara di sebuah ruangan pertemuan.

Dalam ajang itu, tidak semua pembalap juga hadir. Beberapa memang sudah berada di Australia untuk mengikuti ajang Tour Down Under, yang dimulai Ahad, 20 Januari hari ini, di Adelaide. Termasuk Andy Schleck. Di ajang peluncuran itu, praktis Fabian Cancellara jadi bintang utama.

Manajer baru tim, Luca Guercilena, merupakan sosok paling penting untuk musim 2013. Dialah yang bertugas mengubah haluan tim ke arah yang lebih bersinar. “Kami telah menghabiskan banyak waktu selama off season untuk bekerja lebih baik sebagai sebuah tim. Ini sangat penting bagi kami, supaya para pembalap kami bisa kembali ke performa puncaknya pada 2013. Kami bertemu dengan semua pembalap, mendiskusikan target dan ambisi masing-masing, menyatukan semua. Kemudian baru menentukan kalender lomba kami ke depan,” tuturnya.

Semangat baru pun ditunjukkan para personel. Andy Schleck, yang bicara via video conference, mengaku akan memberikan yang terbaik. Ia berharap bisa kembali menjadi kekuatan utama di ajang-ajang terbesar. “Saya tak tahu apakah bisa kembali ke form seperti 2011. Tapi saya masih berusia 27 tahun, dan saya akan berusaha keras untuk kembali ke sana. Saya kira saya masih punya banyak peluang untuk menang,” tuturnya.

Untuk awal musim 2013, harapan utama kemenangan akan bertumpu pada Cancellara. Pembalap berjulukan Spartacus itu pun tak sabar kembali menjadi sosok dominan di arena dunia. Tinggal berharap supaya Dewi Fortuna tidak membencinya.

“Saya telah bekerja begitu keras selama musim dingin. Saya yakin, dengan sedikit keberuntungan, saya bisa kembali ke ritme lomba terbaik,” ujarnya.

Untuk musim 2013, tim juga memperkenalkan beberapa partner baru. Skoda datang menggantikan Nissan sebagai penyedia mobil operasional. Merek sepatu Gaerne datang menggantikan Northwave. Desain jersey tetap elegan minimalis buatan Craft. Tapi garis biru muda dan merah lebih dominan di dada.(esi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s