Moga-Moga Makin Seru

Kamis, 14 Maret 2013
Preview Lengkap Tim-Tim Formula1 2013

Sirkus Formula 1 2013 segera kembali keliling dunia. Akhir pekan ini, seri pembuka diselenggarakan “seperti biasa– di Melbourne, Australia. Berikut ulasan singkat seluruh tim peserta, dan prospek mereka hingga akhir tahun nanti.

ULASAN AZRUL ANANDA

Red Bull Renault

Sebastian Vettel- Mark Webber

Selama masih ada Adrian Newey merancang mobil Red Bull, tim ini harus selalu dianggap sebagai unggulan. Saat uji coba, tim ini tidak bersinar. Tapi kabarnya, itu karena mereka menyembunyikan kekuatan. Penggemar umum mungkin berharap agar tim ini tidak dominan, dan F1 berlangsung makin seru. Meski demikian, jangan heran bila tiba-tiba Red Bull langsung menghancurkan para pesaing sejak lomba perdana. Banyak pesaing sudah khawatir dominasi tim ini bakal terjadi. (*)

 

Ferrari

Fernando Alonso-Felipe Massa

Fernando Alonso mungkin pembalap terbaik di F1. Tapi dia butuh mobil yang mampu bersaing dengan mobil terbaik. Juara dunia atau tidak, bergantung pada F138, senjata terbaru Kuda Jingkrak. Tidak ada tanda-tanda lonjakan performa dari Ferrari saat uji coba. Namun mereka berjanji akan agresif dalam mengembangkan mobil. Felipe Massa tentu dituntut untuk meningkatkan performa, atau karir panjangnya berbaju merah akan berakhir di penghujung 2013. (*)

 

McLaren-Mercedes

Jenso n Button- Sergio Perez

Tanpa Lewis Hamilton, McLaren-Mercedes mungkin wajib menghasilkan mobil terbaik kalau ingin meraih gelar juara dunia. Jenson Button sudah membuktikan diri mampu merebut gelar, tapi dia bukan tipe yang bisa memaksakan mobil paspasan untuk menang. Sergio Perez menunjukkan beberapa keajaiban tahun lalu. Tapi mungkin McLaren belum bisa menuntut terlalu banyak darinya. Selain 2013, McLaren sendiri sudah menatap lebih jauh ke depan. Honda kabarnya akan kembali menyokong mesin untuk tim ini mulai 2015. (*)

 

Lotus-Renault

Kimi Raikkonen-Romain Grosjean

Tidak punya anggaran sebesar tim-tim lima besar yang lain, Lotus mampu mengejutkan banyak orang tahun lalu. Bahkan mencuri kemenangan bersama Kimi Raikkonen. Tahun ini, mereka akan mencoba mengulangi kesuksesan tersebut. Raikkonen terbukti mampu merengkuh kesempatan, sedangkan Romain Grosjean seharusnya sudah lebih dewasa, tidak lagi banyak tabrakan. Saat uji coba, tim ini tampak solid. Kesempatan mereka untuk mencuri sukses adalah di awal musim. Termasuk mungkin di seri perdana di Australia. (*)

 

Mercedes

Lewis Hamilton-Nico Rosberg

Tak perlu disangkal lagi, fokus utama seri pembuka di Australia akan tertuju pada pasukan silver. Hadirnya Lewis Hamilton memberi beban ekstra bagi tim untuk menghasilkan mobil terbaik. Saat uji coba, Mercedes pun mampu berkali-kali mencatat waktu terbaik. Tinggal pembuktian saja di Australia. Apakah catatan waktu itu hasil “bohong-bohongan” atau real. Andai mobil belum tercepat, Hamilton punya kemampuan untuk mendorongnya lebih cepat dari seharusnya. (*)

 

Sauber-Ferrari

Nico Hulkenberg-Esteban Gutierrez

Kandidat utama best of the rest di F1 2013. Ganti total barisan pembalap, tim ini tetap diyakini sebagai yang terbaik di papan tengah. Hulkenberg dikenal cepat, berpeluang tampil lebih baik daripada Sergio Perez tahun lalu. Saat uji coba tim ini juga solid. Dan untungnya, mobil mereka tidak lagi berwarna putih membosankan. Warnanya lebih gelap, lebih garang. (*)

 

Force India-Mercedes

Paul di Resta-Adrian Sutil

Berupaya merebut posisi enam konstruktor, tim ini memilih memakai pasangan pembalap yang “aman.” Paul di Resta akan didampingi pembalap lebih senior, Sutil. Strategi “aman” ini bisa jadi jitu. Di tengah ketatnya persaingan papan tengah, setiap poin yang diraih bisa bermakna luar biasa. Dan Force India merasa, tangan senior lebih bisa dipercaya daripada tangan pendatang baru. (*)

 

Williams-Renault

Pasto r Maldonado-Valtteri Bottas

“Cinderella” tahun lalu, Williams mungkin tidak akan bisa mencuri lagi kemenangan pada 2013 nanti. Mobil terbaru mereka tampak lebih konsisten dari pendahulunya. Sayang Maldonado tetap punya tendensi angin-anginan. Bottas, kabarnya, adalah calon superstar. Tapi rookie adalah rookie. Mungkin tetap butuh waktu untuk menunjukkan performa terbaik. (*)

 

Toro Rosso-Ferrari

Daniel Ricciardo-Jean-Eric Vergne

Peringkat sembilan tahun lalu, Toro Rosso punya ambisi finis di urutan enam konstruktor 2013. James Key, direktur teknik Sauber, mereka comot. Saat uji coba, mobil terbaru tampak jauh lebih “menyenangkan” dari mobil 2012. Kemungkinan akan mampu meraih poin lebih mudah. Naik peringkat” Itu masalah yang berbeda lagi. (*)

 

Caterham-Renault

Charl es Pic-Giedo van der Garde

Dua tahun bercokol di urutan sepuluh konstruktor, Caterham (dulu Team Lotus) tak kunjung menunjukkan tanda-tanda mendobrak papan tengah. Gawatnya, tahun ini mereka terancam melorot ke juru kunci. Mobil terbaru mereka kurang meyakinkan saat uji coba, dan dua pembalap muda biasanya bukan pemandu pengembangan yang ideal. (*)

sumber :http://www.radartarakan.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s