Salah, Hamilton Tetap Pole

25 Maret 2012 – 08.23 WIB 

Salah, Hamilton Tetap Pole

Pembalap Mclaren Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton melaju di Sirkuit Sepang saat kualifikasi Grand Prix Malaysia Sabtu (24/3/2012). (Foto: AFP)
Laporan AZRUL ANANDA, DEWO PRATOMO, Sepang

LEWIS Hamilton benar-benar luar biasa di Grand Prix Malaysia sejauh ini. Dalam babak kualifikasi Sabtu (24/3), bintang  McLaren-Mercedes itu sebenarnya sempat membuat kesalahan dalam lap penentuan. Namun, dia tetap mencatat waktu terbaik, meraih pole position kedua berturut-turut di awal musim Formula 1 2012.

Hamilton mengelilingi Sirkuit Sepang sepanjang 5,5 Km dalam waktu 1 menit dan 36,219 detik. Hanya sekitar 0,3 detik lebih cepat dari tiga mobil di belakangnya, tapi tetaplah sebuah pole yang super penting. Jenson Button kemarin melengkapi kebahagiaan McLaren, meraih posisi start kedua. Disusul Michael Schumacher (Mercedes) dan Mark Webber (Red Bull-Renault).

Kimi Raikkonen, andalan Lotus-Renault, sebenarnya meraih posisi start kelima. Sayang, karena mengganti girboks sebelum kualifikasi, dia akan mendapatkan penalti lima posisi start. Sebastian Vettel, juara dunia 2011, kembali menjalani sesi kualifikasi yang kurang memuaskan. Memakai ban Pirelli jenis hard (yang lain pakai medium), Vettel akan start di urutan lima setelah penalti Raikkonen.

Ferrari juga kembali menjalani sesi buruk. Fernando Alonso hanya mampu meraih posisi kedelapan (setelah penalti Raikkonen). Felipe Massa gagal masuk sesi kualifikasi terakhir, bakal start di urutan 12.

Bagi Hamilton, ini merupakan pole ke-21 dalam karirnya. Namun, ini adalah pole pertama baginya dan bagi McLaren— di Sirkuit Sepang. Usai kualifikasi, Hamilton mengaku sempat membuat kesalahan saat menjalani lap terbaiknya. Rem kiri depannya mengunci saat memasuki tikungan terakhir.

“Saya sempat oversteer di tikungan itu. Tapi mampu mengatasi sehingga tidak kehilangan terlalu banyak waktu,” ungkapnya.

Bersama Button, Hamilton akan berupaya mengamankan lagi kemenangan di Sepang hari ini (25/3).

Kalau bisa finish 1-2. Button menegaskan rasa percaya diri tim yang sedang tinggi itu. “Sebagai tim kami sangat percaya diri, tapi tidak terlalu percaya diri,” kata Button. “Besok (lomba hari ini,red) bakal menjadi hari yang panas dan panjang,” tambahnya. Button mengingatkan, di belakang ada dua tim yang sangat mengancam.

“Mercedes sangatlah jago dalam hal pit stop. Red Bull memiliki kecepatan lomba yang sangat baik,” ingatnya. Melihat hasil kualifikasi, para penggemar Schumi (panggilan akrab Schumacher) mungkin langsung punya harapan tinggi.

Jangan-jangan inilah momen bagi sang juara dunia tujuh kali untuk kembali naik podium, atau bahkan meraih kemenangan.

Menanggapi kemungkinan itu, Schumi mengingatkan semua untuk realistis. “Jujur, bisa berada di urutan tiga sudah menjadi pencapaian yang luar biasa,” ujarnya. “Kami akan menjalaninya sebisa mungkin. Tahun lalu, siapa yang menyangka kami bakal di sini.

Sekarang, tinggal di tangan kami sendiri untuk menjalani program pengembangan sebaik mungkin,” tuturnya. Grand Prix Malaysia hari ini akan dimulai pukul 15.00 WIB, berlangsung sepanjang 56 putaran.

Kemarin, hujan sempat turun sebelum kualifikasi, tapi tidak sampai mengganggu babak perebutan posisi start tersebut. Hari ini, hujan masih diprediksikan turun. Menurut prediksi Pirelli, kebanyakan pembalap akan memilih melakukan tiga kali pit stop.

Hanya, komposisinya seperti apa masih belum bisa diprediksi. Vettel yang memakai ban hard kemungkinan bakal keliling lebih lama sebelum melakukan pergantian ban. Tapi, Pirelli tak yakin pilihan itu bisa menguntungkan.  “(Hard atau medium) adalah pilihan yang sulit. Walau mereka bisa menyalip di sini, posisi di lintasan tetaplah sangat penting dan pembalap tak ingin berada di posisi harus menyalip,” papar Paul Hembery, bos program F1 Pirelli.(esi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s