Gowes sambil Bicara Bisnis

JawaPos [Minggu, 1 April 2012]: jawaposgowes

Polygon Gowes CEO 2012 Dekati Sensasi Bermain Golf. SUASANA Ancol Ecopark pada Jumat (30/3) petang tampak berbeda. Puluhan figur dengan wajah yang kerap menjadi sampul majalah-majalah bisnis ”melepaskan jas” kemudian berganti jersey warna hijau lengkap dengan helm dan sarung tangan. Mereka adalah para pemimpin perusahaan (Chief Executive Officer) yang tengah mengikuti Polygon Gowes CEO 2012. 

Tak kurang dari 29 pemimpin perusahaan terkemuka berkumpul di club house yang bernuansa lapangan golf tersebut. Sejumlah nama tenar tampak tak canggung mengendarai Polygon Cozmic CX 2.0. Di antaranya, Deputy Chairman Lippo Group James T. Riady, Direktur Utama Jawa Pos Koran Azrul Ananda, CEO Super brands International Eamonn Sadler, Ketum Kadin Suryo Bambang Sulisto, CEO Ancol Budi Karya Sumadi, CEO Berita Satu Holding Sachin Gopalan, dan Deputi CEO Commercial Smartfriend Djoko Tata Ibrahim.”Kita butuh 2-3 bulan untuk mempersiapkan acara ini. Namanama yang hadir ini cukup sulit untuk diketuk pintunya di kantor. Namun, sekarang justru bisa bertemu di sini dalam suasana yang berbeda,” tutur Direktur Polygon Ronny Liyanto. Setelah dilepas Putri Olahraga Indonesia Offie Dwi Natalia, para CEO langsung mengayuh sepedanya menuju dermaga Ancol. Sambil bersenda-gurau, para petinggi perusahaan tersebut meluncur di jalur pemanasan berupa track paving block sekitar dua kilometer. Setelah dirasa cukup, sejumlah pemandu lantas mengarahkan rombongan masuk ke jalur sepeda yang melingkari-lingkar mengelilingi Ecopark. Jalurnya cukup beragam, mulai jalan rata hingga tanjakan ringan. Sekitar sejam berkeliling dengan bersepeda, perasaan gembira tapak di wajah-wajah segar mereka. ”Saya sudah lama tidak bersepeda. Karena waktu untuk olahraga sangat terbatas, akhirnya pilih berenang. Tapi senang sekarang bisa gowes lagi. Tadi kita berkeliling 5-6 kilometer, tapi tidak terasa karena sambil ngobrol ringan,” ujar James Riady.

Sementara itu, Azrul Ananda menilai ide mengumpulkan para pebisnis untuk bersepeda tergolong unik. Biasanya, sesama pengusaha harus bertemu dalam suasana formal, minimal harus main golf kalau menginginkan suasana yang lebih santai. Kali ini, para pengusaha justru dipertemukan dalam suasana yang lebih santai, berolahraga sepeda, namun dalam lingkungan yang mendekati sensasi bermain golf. ”Ini acara unik. Biasanya kita ketemu harus formal pakai jas, tapi di sini kita bisa ketemu pakai baju santai,” terang Azrul.

Usai bersepeda, para pemimpin perusahaan dari berbagai industri tersebut berkumpul dalam forum business sharing. Mereka membahas prospek ekonomi Indonesia sepuluh tahun ke depan. Dalam pertemuan tersebut, mereka sepakat masa depan ekonomi Indonesia menjanjikan untuk pengembangan bisnis. Selain faktor jumlah penduduk yang semakin besar, rasio produktivitas pekerja yang meningkat, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga diprediksi stabil di kisaran 6-7 persen.(bay/fat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s