KENAPA DAHLAN ISKAN PILIH ORANG MUDA?

20.55    

DAHLAN ISKAN, Menteri BUMN,  adalah sosok yang paham betul dengan  regenerasi. Karena itu ia kemudian ia menunjuk Nur Pamudji (50) sebagai direktur baru PLN untuk menggantikannya. 

 

Dahlan Iskan mengaku sulit membedakan antara satu dan lainnya. Pasalnya, antara direksi dan sembilan ini, semuanya penuhi syarat, tapi yang muda, kata Dahlan, yang harus beri kesempatan karena komitmennya yang muda harus tampil.

“Pak Nasri ini kamus PLN, Pak Murtaqi itu Tan Malaka PLN, Pak Hary Jaya, Pak Vickner, Pak Adnyana itu Panglima Cheng Ho, Pak Bagyo, Pak Edi saya kira direktur SDM terbaik di Indonesia, dan Direktur Keuangan tetap pak Dewo, karena dia ahli uang dan dia ahli sikap keuangan” kata Dahlan Iskan, seperti dikutip sejumlah media.

Saking sadar dengan regenerasi. Pada usia 37 tahun Dahlan Iskan sudah berhenti menjadi pemimpin redaksi Jawa Pos. Dan kini Jawa Pos dipimpin Azrul Ananda yang berumur 34 tahun. Ini, kata Dahlan Iskan, agar berganti kepada generasi yang lebih muda.

“Umur 39 tahun saya sudah berhenti menjadi pemimpin umum Jawa Pos. Pak Jakob Oetama terus menjadi pemimpin redaksi dan pemimpin umum Kompas, sampai usia hampir 70 tahun” tulis Dahlan Iskan pada catatannya yang berjudul ‘Hidup Bahagia Jakob Oetama’.

Apa yang dilakukan oleh Dahlan Iskan ini, saya kira patut ditiru. Ini terutama bagi elite-elite parpol besar yang ada saat ini. Berilah kesempatan bagi generasi muda untuk tampil di depan, dan biarlah yang tua-tua tampil di belakang sambil memberikan dorongan: ‘Tut Wuri Handayani’.

Kalau ini dilakukan tentu regenerasi kepemimpinan tidak akan mandek. Sehingga stok calon pemimpin kian melimpah ruah. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s